Bagaimana install mengatasi suara kresek-kresek BYON M31W S/S pada Windows 7 ?

Pada awalnya mulanya saya hanya ingin sekadar coba2 install Windows 7 pada laptop BYON M31W, ya mau coba sistem operasi baru, walau hanya 3o hari gigi kembali, xixixixi ... Windows 7 berhasil di install dengan sempurna pada notebook BYON M31W S/S, semua driver untuk Windows Vista dapat digunakan untuk Windows 7, cuma ada 1 kelemahannya suara audio tetap kemresek/kresek-kresek alias tidak terdengar baik (seperti speaker rusak).

Akhirnya saya mulai mencari si mbah google untuk menyelesaikan permasalahan ini, namun setelah 4 hari memohon solusi dari mbah google tidak satu pun solusi mbah google menyelesaikan masalah, saya sudah mencoba hampir semua versi driver realtek dari websitenya namun tidak berhasil, bahkan sampai di fb fanspage BYON sendiri memberikan solusi seperti ini "BYON M31W S/S" tidak dirancang untuk Windows 7, ha ... panik mode berlangsung dalam otak, kemudian hampir putus asa dan ingin kembali ke kejayaan masa lalu, menggunakan Windows legenda XP.

Saya coba oprek2 data-data lama, akhir ketemulah dengan program-program buatan sendiri dari delphi 5 dan 7, kemudian saya coba eksekusi, eh ternyata di bilang programnya terlalu tua, kemudian ketemulah istilah Compatibility, akhirnya search lagi dengan mbah google, eh ternyata ketemu cara menjalankan program lama di Windows 7. Sukses lagi menjalankan pro di program lama dan tua. Dari program itu saya punya ide untuk menjalankan driver BYON M31W S/S for Vista untuk di jalankan di Windows 7 dengan Compatibility Vista. Thank for Pak Putu (Astrindo Sanjaya - Denpasar) atas ide pada sms-smsnya. Ketika artikel ini di tulis waktu sudah menunjukkan pukul 23:58 WITA tanggal 15 Oktober 2011.


Tanpa panjang lebar kira-kira begilah solusinya :

1. Download driver audio realtek dari website BYON http://www.byon.co.id/data/driver/%23Archive/M31W%20ver%201.1/Driver/Vista/Audio.rar (ukurannya 14 Mb) (Realtek 6.0.1.5532 for Vista).

2. Setelah itu extract file audio tadi, kemudia buka folder hasil extract tadi.

3. Cari file Setup.exe, klik kanan file tersebut kemudian pilih “Properties” --> pilih tab “Compatibility” --> centang di “Run this program in compatibility mode for : “ kemudian pilih Windows Vista pada bagian bawahnya. Lihat gambar berikut :


4. Klik OK.

5. Lakukan proses instalasi seperti biasa, double click Setup.exe kemudian tunggu sesaat, seteleh itu komputer minta di restart.

6. Eng ing eng... lihat perubahan suara setelah restart, It’s work man.

7. Saya tes pakai software media player AIMP (www.aimp.ru) dan foobar2000 (www.foobar2000.org) suaranya bening lagi.

Selamat mencoba sahabat-sahabat semua, semoga sukses.


Saya pernah denger yang seperti ini : “Jika ada pilihan seperti ini --> Jika anda di suruh memilih agama atau kasih sayang, mana yang anda pilih ? --> maka jawaban saya adalah kasih sayang”.

Sumber : http://putuniki.blogspot.com/

Comments

meLodiazz said…
Gan, ane dah install malah ga ada suara yang keluar nih. ane pake 7 ultimate 64 bit..
xxx said…
hedeh gan,,, ane malah sering kena blue screen neh
blue screen
BCCode: c5

gmn neh mengatasinya,,, thanks
azarifin said…
tak coba dulu,, yo masak bisa??? semoga thank you
azarifin said…
tak coba dulu,, yo masak bisa??? semoga thank you
yuda perkasa said…
tks gan berkat bantuannya byon ane bening lagi..untuk rekan rekan tadinya ane juga ada masalah karena drive yg di donlot keluar komen (paket ini tidak mendukung driver ) nah loh.......akhirnya ane coba dari sini ni " sebelumnya extract dulu file yg udah di download buat folder baru namanya bebas setelah langkah ini beres di close trus lanjutkan dengan klik start- kilk kanan my computer-property klik device manager trus kilk sound video and game controller,lihat dibawahnya keluar realtex high definition Audio di klik kanan pilih properties setelah di klik nanti ada 3 menu klik yg driver trus klik update driver ntar ada 2 pilihan pilih yg browse tinggal arahin dech dimana tadi kita meng ektrak filenya kurang lebih inilah contohnya gan(D:\nama file yg anda buat tadi\Audio\Vista_R184\Vista) trus next tunggu beberapa saat kalo berhasil biasanya system minta restart setelah itu baru keluar dch suara aslinya byon...hehehehe....ok sob met coba dch.....
Sena said…
work gan, thanks..
blog said…
work gan terimakasih
Unknown said…
agan" jangan panik. ikuti cara ane......

1. download driver audio vista punya untuk BYON tentunya
2. extrak file nya RAR ( buatkan folder baru, kasi nama sesuai selera agan")
3. kemudian klik kanan my computer, pilih device manager, kemudian pilih audio and video game controler, jika keluar bagian audio dibawahnya, trus klik kanan dan pilih propertys kemudian update driver( aahkan ke file audio yang agan extrak tadi.

selamat mencoba gan.... dijamin100% sukses. ane udah buktikan sendiri......


YAN DHIKA ( jimbaran bali) punduh pempatan
Unknown said…
BYON lover, jika ada kesusahan dalam instal driver audionya silahkan hubungi DHIKA dari bali.

ini no pin bb ane: 28c6eb62
Unknown said…
untuk tepatnya silahkan saja masuk ke website byon http://www.byon.co.id/support/display/dsp_driver-download.php karena disana ada semua tipe dari merek BYON. Tinggal dipilih yang agan punya tipe apa, lalu dicari perlunya apa. Dan jangan lupa Compatibility nya dirubah ke Vista dulu, ane udah coba untuk vga dan audionya, cespleng hehehe
Unknown said…
makasih gan infonya
laptop ane jadi g kresek-kresek lagi
Unknown said…
Ada yg masih nyimpen ini driver g para masta?ane dh ubek2 google g nemu,,ane tebus 10rb pulsa kalo ada yg mau ngasih

Terimakasih
softeir said…
Such a Nice post. Thanks for great tips and work Keep it up
FileZilla Pro
Anna Spaxmedia said…
My response on my own website. Appreciation is a wonderful thing...thanks for sharing keep it up. AOMEI Partition Assistant Crack
Allway Sync Crack

Popular Posts